Blog Post

Beberapa Teknik SEO Terlarang yang Harus dihindari

26

FEB 2014

Beberapa Teknik SEO Terlarang yang Harus dihindari

Sidik Hanrei | SEO , Web Marketing , Blog , Social Media , Developers , Online Tools

Sampai hari ini, Search Engine sudah terbukti memberikan banyak keuntungan di Internet, bukan hanya trafik website, banyak keuntungan lainnya yang dapat dirasakan jika Anda berhasil mengoptimalkan mesin pencari sebagai Business Partner Anda dalam berbisnis online.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang Cara mendapatkan posisi teratas pada hasil pencarian. Tulisan tersebut lebih memicu terhadap penyajian website agar Search Engine-Friendly sehingga dapat mencapai posisi teratas pada hasil pencarian.

Hal tersebut dapat Anda rasakan jika Anda berhasil menggunakan teknik SEO dengan benar. Dengan berkembangnya teknologi-teknologi Search Engine tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui karena berbahaya jika Anda memaksa untuk melakukannya.

Kali ini, saya coba berbagi beberapa teknik yang "TERLARANG" dalam melakukan praktek SEO untuk meningkatkan trafik website Anda dan "JANGAN" gunakan salah satu teknik ini karena akan sangat berdampak buruk pada website Anda.


Men-duplikasi atau Spinning Article


Hal pertama yang paling banyak kita jumpai adalah duplikasi artikel oleh "sang duplikator" (plagiarisme). Pada tahun 2011 lalu, Google memperbaharui Algoritma Google Panda yang menargetkan para webmaster atau pemiliki website yang melakukan teknik terlarang ini. Copy dan Paste artikel atau tulisan blog orang lain adalah aksi plagiarisme yang akan berbuah sanksi atau hukuman oleh Google Panda, hal ini akan berdampak pada ranking Anda.

Inilah sebuah indikasi yang mengharuskan Anda untuk membuat original konten yang berkualitas dengan tulisan tangan Anda sendiri atau membuat kerjasama dengan para penulis. Cara ini lebih efisien daripada Anda harus mencuri hasil karya cipta seseorang yang memiliki bad-feedback atau dampak yang buruk dalam menggunakan teknik SEO ini.

--No Spinning Article

Spinning Article menggunakan "Generator Konten Otomatis" juga merupakan hal terlarang dalam teknik SEO. Memang teknik ini sangat populer dalam beberapa tahun terakhir yang dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa artikel yang sama menjadi satu artikel dengan harapan meningkatkan baclink.

Yang salah pada teknik ini biasanya akan menghasilkan konten yang tidak berkualitas, selain teknik ini buruk terhadap SEO, reputasi website Anda pun akan berdampak negatif.

Jadi berhentilah melakukan teknik ini, karena mau bagaimanapun, raksasa mesin pencari selalu mengupdate teknologinya dan yang pasti selalu lebih canggih dari trick apapun yang akan kita gunakan untuk bermain-main dengan mereka.


Membuat Persamaan (exact-match) Anchor Text


Setelah update teknologi terbaru Penguin 2.0 sekitar pertengahan tahun 2013, aturan penggunaan anchor text telah berubah. Penggunaan Anchor Text banyak disalahgunakan untuk meningkatkan posisi hasil pencarian dengan menggunakan keywords berdasarkan trend yang terbukti berfungsi dengan baik untuk menempatkan posisi hasil pencarian website mereka oleh para Internet Marketer ini, padahal informasi yang terdapat pada halaman tersebut tidak relevan dengan keyword yang dibuat. Cara ini sangat salah, dan itulah salah satu fokus Google Penguin.

Google menganggap teknik ini mengambil keuntungan yang tidak seharusnya dilakukan pada sistem, karena itulah website yang menggunakan teknik ini telah mendapatkan hukuman yang pantas oleh Google.

Pada kenyataannya, banyak website yang telah terkena sanksi dan di-banned oleh Google Penguin dan rata-rata website tersebut menggunakan "money keyword" sebagai anchor text yang mendatangkan inbound hampir 60% berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Microsite Masters.

--Contoh Exact-Match

Misalnya seperti ini, Anda memiliki sebuah artikel dengan topik "Teknik SEO untuk pemula", tapi pada bagian akhir artikel atau biasanya diletakkan pada bagian bawah halaman keyword-keyword yang tidak berhubungan misalnya "Cara mendapatkan uang di Internet" tapi dengan link yang mengarahkan pada halaman topik tersebut. Biasanya lebih dari satu keyword atau label seperti berikut yang sama sekali tidak berhubungan dengan artikel yang Anda tulis ataupun dengan website yang Anda miliki.

Jika Anda menggunakan teknik ini, hentikan mulai sekarang, sebelum Anda juga merasakan hukuman dan reputasi yang buruk untuk website Anda.


Membangun Backlink yang Tidak Relevant dan Berkualitas Buruk


Salah satu cara yang kita ketahui untuk mendapatkan Page Rank yang tinggi adalah dengan memiliki banyak backlink dari website lain. Tetapi pada teknologi terbaru Google Panda dan Penguin, banyak backlink yang mengarahkan ke website yang Anda miliki tidak selalu menghasilkan Page Rank yang tinggi. Apalagi jika backlink yang banyak tersebut berasal dari website yang tidak sesuai dengan Niche atau kategori website Anda.

Misalnya Anda mendapat 1.000 backlink dari website "Jasa pembuatan website", padahal kategori website Anda adalah "Penjualan mesin penggiling". Backlink dari website yang berkualitas buruk pun akan menjatuhkan reputasi website Anda, hal ini lah yang harusnya membuat Anda berhati-hati dalam membangun backlink untuk meningkatkan SEO anda.

Tidak perlu memiliki banyak backlink, karena walaupun hanya memiliki backlink yang sedikit tapi jika berasal dari website yang berkualitas (memiliki page rank tinggi) dan sesuai dengan niche website Anda, perhitungan ini akan memberikan anda keuntungan lebih daripada memiliki banyak backlink tapi tidak sesuai.

Jika ingin aman, berhati-hatilah terhadap teknik ini, karena Google telah menyatakan lampu merah terhadap hal ini.


Berkomentar di Blog lain secara Brutal (SPAM)


Salah satu teknik yang paling banyak digunakan untuk mempromosikan website dan membangun backlink adalah dengan mengomentari tulisan blog lain dan menyisipkan link ke website Anda. Hingga saat ini, masih banyak yang belum mengetahui bahwa teknik ini akan berdampak buruk pada cara yang anda lakukan atau bahkan website anda akan dianggap SPAM.

Biasanya "comment spamming" hanya memberikan komentar yang singkat, contohnya "artikel yang berguna, kunjungi website saya spam.com", padahal spammer tersebut tidak membaca detail apa isi dari halaman yang sedang dia buka.

Banyak software ditawarkan pada anda dengan tema biasanya "Bulk Blog Commenting" atau "Auto blog comment poster", tapi jika anda ketahui teknik ini sangat berbahaya, jadi sangat tidak disarankan.


Baca Juga : Bulk Directory Submitter membahayakan SEO Website

Nge-blog dengan cara yang tidak tepat


Teknik terlarang lainnya adalah "Nge-Blog Brutal", maksudnya menggunakan Blogging Network seperti Blogger, Typepad, Squidoo, atau Hubspot yang bertujuan untuk menciptakan banyak backlink dari Blog Network yang memiliki Page Rank tinggi tersebut, teknik ini sekarang tidak seperti dulu dan akan merugikan anda.

Pada dasarnya, Blog Network tersebut tidak memperbolehkan anda membuat artikel atau post yang sudah pernah anda publish di website lain (bahkan di website anda sendiri). Tapi banyak para Internet marketing menyalahgunakan aturan dan ketentuan yang berlaku pada website-website tersebut sehingga mem-publish artikel yang sama ke beberapa Blog Network yang berharap mendapat akumulasi backlink yang baik, padahal sebaliknya.

Sebaiknya anda tetap mem-publish artikel yang berkualitas dan menarik, karena teknik ini sekarang sudah tidak "musim" lagi dan dianggap berbahaya oleh google. Tapi hal terjeleknya adalah, website anda dianggap tidak professional yang tentu saja akan menghancurkan reputasi anda. Bayangkan jika website yang anda miliki adalah website perusahaan???


SPAMMING di Social Media


Memang ini adalah kontroversi jika anda membaca artikel saya tentang Menggunakan Social Media untuk Meningkatkan SEO, dan memang cara ini terbukti sangat memberikan keuntungan jika dilakukan dengan cara yang benar.

Seperti apa cara yang salah?

Misalnya anda adalah salah satu website Berita Online yang memiliki interval update yang sangat cepat (katakan per 30 menit). Biasanya para webmaster akan menggunakan teknik Syndications untuk posting semua konten terbaru website anda secara otomatis ke social media. Tapi pernahkah Anda sadari, cara ini secara logika akan membombardir feed para follower anda? Awalnya mereka menjadi fans anda karena website anda memberikan informasi yang bermanfaat, tapi apakah semua informasi yang kita sajikan bermanfaat untuk mereka? tentu saja posting social media dalam interval waktu yang terlalu singkat akan membuat informasi yang anda berikan menjadi "Sampah social media', dan jeleknya anda akan terus kehilangan followers atau likers anda.


Itulah beberapa Teknik Terlarang yang harus Anda hindari dalam meningkatkan SEO website Anda. Jika Anda masih menggunakan cara yang sudah ketinggalan ini, hentikan sebelum anda merasa kerugian yang sangat fatal.