Blog Post

Gunakan Privacy Setting (Facebook) untuk Mengendalikan Penggunaan Facebook Anda

26

FEB 2014

Gunakan Privacy Setting (Facebook) untuk Mengendalikan Penggunaan Facebook Anda

Sidik Hanrei | Social Media , Facebook , Security , Hacking

Terlalu banyak informasi tidak berguna yang anda bagikan (sharing) atau dengan kata lain berlebih-lebihan (oversharing) akan membuat pandangan terhadap Anda berubah. Jangan biarkan orang lain menilai Anda secara sepihak karena banyak informasi update melalui facebook Anda.

Terlepas dari informasi apa yang Anda bagikan di facebook melalui update status, secara default pengaturan privasi di facebook dapat merugikan akun Anda dan mungkin merugikan Anda dari berbagai sisi. Hal ini seharusnya dapat menjadi perhatian Anda sebagai pengguna Facebook, tetapi pada kenyataannya pengguna selalu melewati bagian Panduan (tutorial / Get Started) dimana facebook mencoba memberitahu Anda hal tersebut. Tetapi karena kita hanya mengetahui fungsi utamanya saja (Jejaring Sosial) yang digunakan untuk menemukan teman-teman baru maupun lama di dunia maya melalui internet.

Memang secara general, Facebook ingin Anda untuk berbagi informasi tentang data pribadi Anda (jika memungkinkan). Jika kita perhatikan lagi kata Jika Memungkinkan, apakah semua informasi pribadi tentang kita harus diketahui oleh semua orang? Banyak orang-orang awam yang baru bergabung di facebook (bahkan yang sudah lama bergabung) tidak mengetahui hal sederhana tapi penting, ini harus diperhatikan, karena dapat memberikan ancaman kerugian dari berbagai hal.

Jika menilai dari sisi Facebook memberikan pengaturan privasi standar tersebut pasti memiliki maksud lain, tentunya pada jasa Periklanan mereka. Algorithma Iklan di Facebook mungkin menghubungkan dengan timeline, related news, bahkan Profil Info (About). Jadi tidak semua yang sudah ditentukan facebook dapat kita 'iya' kan begitu saja. Mulailah teliti menggunakan Facebook dalam berbagai hal apapun untuk membentengi dampak kerugian yang mengancam.

Bayangkan jika facebook sampai berhasil dihancurkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, apa yang akan terjadi dengan semua data yang sudah Anda simpan di Facebook? bukan tidak mungkin facebook itu di hack, bahkan beberapa waktu lalu seorang ahli keamanan berhasil membuka celah facebook hanya dengan menggunakan handphone. jadi apa yang Anda pikirkan?

Dari sisi lain, kita pun memang membutuhkan jejaring social apalagi kita yang ingin mengembangkan bisnis dari social network. Bahkan kita bukan cuma membutuhkan facebook saja, tapi social network lain seperti twitter, digg, tumblr, pinterest dan lainnya untuk digunakan sebagai alat bantu untuk mengembangkan bisnis di Internet.

Tahukah Anda : Internet memiliki usia yang sangat panjang, apapun yang Anda masukkan (termasuk update posting di facebook) secara online akan memberikan akses sepenuhnya kepada internet untuk mendokumentasikan dan membagikan ke seluruh dunia pengguna Internet. Jika Anda ingin sharing atau status dengan siapa pun, pastikan lagi kalo itu tidak bersifat pribadi atau rahasia, jika ragu, STOP dan jangan posting.

Lists

Salah satu fitur yang harus Anda perhatikan untuk meng-optimalkan apa yang akan Anda sharing di Facebook adalah dengan memilih list yang Anda perbolehkan untuk melihat apa yang Anda sharing misalnya (Teman, keluarga, atau teman kantor) berdasarkan list yang telah Anda buat. Jika kita menghubungkan hal ini dengan privasi, informasi pribadi yang Anda sharing tadi akan terbagi secara efisien berdasarkan list yang Anda pilih (tetapi sebagai saran, jangan membagikan apapun yang sifatnya terlalu pribadi / rahasia di internet, tapi semua adalah hak Anda untuk menentukan).

Untuk membuat Lists atau mengelola Lists yang sudah anda miliki, Anda dapat melakukannya pada bagian kiri Navigation Panel, dan Klik More pada section Friends header. Anda akan melihat lists atau daftar yang telah Anda buat sebelumnya. Anda dapat menambah Lists baru atau mengedit daftar teman pada masing-masing list tersebut.

Friend List in Facebook

Privasi

Untuk mengatur hal-hal yang lebih detail kita akan menggunakan Pengaturan Privasi. Untuk membukanya silahkan klik Kontrol Privasi (biasanya bertanda kunci gembok) pada bagian atas Facebook disebelah kanan, dan klik "See More Settings".

Halaman yang akan terbuka adalah Tab Privasi pada bagian "Who can see my stuff". Klik edit dan kemudian akan muncul combo box dan pilih sesuai dengan keinginan anda atau klik custom untuk menentukan siapa yang Anda perbolehkan untuk melihat semua informasi yang ada di Timeline Anda. Jika ingin tetap standar, pilihlah Friends.

Anda dapat menyesuaikan hal-hal lainnya sesuai dengan keinginan Anda agar informasi yang anda posting di facebook tidak tersebar kepada orang-orang yang tidak berkepentingan.

Timeline and Tagging

Jaga kerahasiaan Timeline Anda di facebook dari orang-orang yang tidak Anda inginkan, memang jika Anda ingin bebas, hal ini tidak terlalu penting. Tapi jika Anda ingin merasa lebih aman, silahkan ikuti screenshot berikut ini :

Pengaturan Pengamanan Timeline and Tagging

Sebagai saran saya, Timeline and Tagging sebaiknya anda amankan. Ini adalah cara yang tepat untuk menjaga Timeline Anda misalnya seperti informasi yang di bagikan oleh teman anda dengan cara broadcast. Jadi Anda dapat membaca dan mereviewnya terlebih dahulu sebelum ditayangkan di Timeline Anda.

Security

Pada bagian Panel Navigasi facebook di bagian atas sebelah kiri terdapat sebuah link "Keamanan / Security". Untuk dapat memantau penggunaan facebook Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sebaiknya anda mengaktifkan Secure Browsing dan Login Notifications.

Dengan fasilitas ini kita dapat mengetahui jika Akun Facebook Anda login dari browser baru atau menggunakan device yang tidak Anda kenal. Jadi Anda dapat mengambil tindakan tegas jika hal ini terjadi pada akun Anda.

Blocking

Jika Anda merasa terganggu dengan seseorang yang ada di Daftar Teman Anda yang sering berkata kasar, menghina Anda, atau apaun yang membuat anda terganggu, Anda dapat mem-block akun yang bersangkutan agar berhenti mengganggu anda. Ketika Anda melakukan hal ini, Teman Anda tersebut akan otomatis di masukkan kedalam daftar Black List dan status pertemanan anda di facebook tidak lagi berteman.

Fasilitas ini juga dapat Anda gunakan untuk memblokir invitation tentang App (baik game maupun facebook app lainnya) yang biasanya memenuhi timeline Anda. Jadi penggunaan facebook Anda akan lebih maksimal dan efisien.

Mulai sekarang, gunakanlah facebook sesuai kebutuhan. Jangan terlalu banyak membuang waktu Anda untuk hal-hal yang tidak berguna di facebook, gunakanlah facebook hanya untuk kepentingan-kepentingan tertentu yang tetap menjaga privasi kehidupan nyata Anda.