Blog Post

Ubuntu Edge - Generasi Inovasi Personal Computing, Smartphone dan Desktop PC Dalam Sebuah  Karya Seni Teknologi

26

Agu 2013

Ubuntu Edge - Generasi Inovasi Personal Computing, Smartphone dan Desktop PC Dalam Sebuah Karya Seni Teknologi

Sidik Hanrei | Smartphone , Ubuntu , Mobile OS , Android , Design

Ubuntu Edge adalah generasi inovasi teknologi terbaru mobile phone yang menggabungkan berbagai teknologi dari segi software maupun hardware nya untuk memaksimalkan dan meningkatkan mobilitas dalam genggaman.

Pecinta teknologi hingga sekarang ini telah banyak diberikan kemudahan dan kenyamanan dalam desain perangkat teknologi yang portable seperti smartphone yang banyak digunakan. Banyak merek-merek terkenal yang mendominasi pasar seperti Android Phone, iPhone, HTC, Samsung, Blackberry, dan lainnya telah berhasil mengunggulkan dirinya dengan berbagai macam keunggulan.

Dalam perbincangan hangat persaingan pasar mobile phone, kini hadir sebuah nama baru yang akan memperketat persaingan tersebut dengan nama UBUNTU-EDGE. Mungkin sebagian dari Anda telah mengenal nama Ubuntu yang merupakan sebuah distro linux yang berhasil meningkatkan komunitas pengguna linux dengan keunggulan fitur dan teknologi linux dalam Graphical User Interface (GUI). Seolah tidak ingin tertinggal, ubuntu ingin menempatkan posisinya dalam persaingan inovasi teknologi mobile phone dengan tagline

"The Ubuntu Edge is the next generation of personal computing: smartphone and desktop PC in one state-of-the-art device".

Apa itu Ubuntu Edge?

Nama Ubuntu Edge terinspirasi dari cutting-edge technologies yang berasal dari dunia industri mobil Formula 1. Kata Edge diadopsi oleh Ubuntu Edge untuk menujukkan keunggulan low-volume, high-technolgy platform, yang memiliki sumber dana dari para pecinta profesional mobile computing.

Ubuntu Edge memiliki rancangan smartphone yang berkelas dari segi desain maupun teknologinya untuk menunjukkan inovasi yang bernilai seni. Keunggulan lain yang ingin ditunjukkan oleh Ubuntu Edge adalah konvergensi yang dapat melakukan transformasi dari Ubuntu Phone ke dalam Ubuntu PC yang tentunya dengan OS Desktop dan Shared Access yang terintegrasi.


Para tim yang terlibat dalam Ubuntu Edge telah melakukan banyak penelitian dan melakukan perbandingan terhadap teknologi-teknologi untuk menciptakan generasi pertama Edge.

Distraksi kehebatan Ubuntu Edge dari segi visual menawarkan resolusi sebesar 300ppi yang pastinya akan mempercantik tampilan Ubuntu Edge dengan kombinasi warna, kecerahan dan range yang dinamis dan responsive sehingga tampilan Resolusi Ubuntu Edge akan lebih seimbang dengan ketepatan warna yang akurat.

Dengan kemampuan hardware yang inovatif, Ubuntu Edge akan menawarkan dual boot multi Ubuntu Phone OS dan Android yang keduanya dapat dipilih secara fleksibel dan sepenuhnya terintegrasi dengan Ubuntu Desktop PC.

Rancangan tampilan Home penuh dengan kreatifitas dengan navigasi swipe dari setiap sisi layar Ubuntu Edge yang dirancang untuk kemudahan penggunaan Ubuntu Edge. Hal ini akan lebih menonjol jika anda sudah familiar dengan OS Ubuntu yang penggunanya terus meningkat.

Tapi jangan khawatir, jika Anda belum bisa secara efektif menggunakan Ubuntu Phone OS, Anda dapat mempelajarinya secara bertahap dan sementara itu Anda dapat menggunakan Android OS yang sudah include didalamnya. Performa Android akan lebih maksimal dengan hardware yang terdapat pada Ubuntu Edge.

Disinilah Ubuntu Edge mampu mengakui dirinya adalah sebuah SuperPhone yang akan mendominasi The Next Generation of Personal Computing.

Spesifikasi Teknis

  • Dual boot Ubuntu mobile OS and Android
  • Fully integrated Ubuntu desktop PC when docked
  • Fastest multi-core CPU, 4GB RAM, 128GB storage
  • Micro-SIM
  • 4.5in 1,280 x 720 HD sapphire crystal display
  • 8mp low-light rear camera, 2mp front camera
  • Dual-LTE, dual-band 802.11n Wi-Fi, Bluetooth 4, NFC
  • GPS, accelerometer, gyro, proximity sensor, compass, barometer
  • Stereo speakers with HD audio, dual-mic recording, Active Noise Cancellation
  • 11-pin connector providing simultaneous MHL and USB OTG
  • 3.5mm jack
  • Silicon-anode Li-Ion battery
  • 64 x 9 x 124mm

Keunggulan Ubuntu Edge

Ketatnya persaingan pasar yang ingin dimasuki ubuntu-edge, sehingga membutuhkan nama yang besar dari Sistem Operasi tersebut untuk memberikan keunggulannya untuk menyaingi para pelaku pasar yang sudah terlibat.

Berikut ini adalah tabel perbandingan dari teknologi yang ditawarkan oleh Ubuntu-Edge :

Dari table perbandingan di atas, kita sudah melihat perbedaan yang sangat kompeten untuk membuat Ubuntu-Edge layak bersaing di tengah ketatnya posisi pasar mobile dengan merek ternama.

Ubuntu-Edge mengunggulkan karya seninya dari segi Hardware dan Software nya sehingga dapat memaksimalkan "Teknologi dalam genggaman tersebut". Harga yang akan dipasarkan oleh Ubuntu-Edge pastinya sangat menjanjikan dengan spesifikasi yang sangat megah seperti yang terlihat pada tabel perbandingan di atas.

Apa yang dikatakan media tentang Ubuntu-Edge?

"If you're not living on the edge, you're taking up too much room. Say hello to the Ubuntu Edge, the first smartphone to use open-source Ubuntu Touch software as well as Android"
CNET
"By this time next year, there could very well be one very elegant looking, monstrously powerful smartphone that can actually become a computer"
Silicon Angle