Blog Post

Haruskah kita Melupakan SEO dan Fokus pada Social Media?

11

Okt 2013

Haruskah kita Melupakan SEO dan Fokus pada Social Media?

Sidik Hanrei | Social Media , Web Marketing , SEO , Advertising , Business

Apa yang lebih penting Antara SEO dan Social Media?

Maraknya perbincangan hangat tentang penggunaan Social Media untuk mempromosikan bisnis yang terbukti mendatangkan keuntungan dalam waktu yang singkat membuat saya berpikir dan bertanya "Apakah sekarang Social Media Engagement dari para Fanatik di Social Media lebih penting dari pada SEO?".

Setelah melakukan pengkajian dan mengumpulkan beberapa data yang akan digunakan untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, saya mendapatkan beberapa alasan yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan trafik website dan juga calon konsumen yang kompeten.


Dulu, memang SEO digunakan sebagai prioritas utama untuk meningkatkan trafik website sehingga dapat menghasilkan penjualan. Selain itu, SEO juga dilakukan untuk mendapatkan Page Rank agar mendapatkan posisi terbaik pada hasil pencarian di mesin pencari bahkan hingga sampai sekarang.

Tapi, seiring berjalannya waktu beserta berubahnya cara berpikir para pengguna internet untuk mencari informasi, Social Media Marketing adalah cara terbaik yang dapat dilakukan.


Baca Juga : Seperti Apa Prediksi Web Marketing di Tahun 2014

Fenomena "Terbangnya" Social Media seperti Twitter dan Facebook ke tingkat perhatian tertinggi oleh para pengguna Internet sehingga menyebabkan perusahaan maupun para pebisnis online merubah cara untuk berpromosi dari yang awalnya fokus terhadap pembuatan konten yang berkualitas dan menarik untuk mendapatkan Rank yang tinggi (bahkan berani membayar mahal Copywriters), sekarang mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk memastikan "Followers" dan "Likers" mereka di Social Media.

Kekuatan besar antara SEO dan Social Media

Tapi pada Intinya, jika Anda memiliki budget yang cukup besar, Anda dapat menggunakan dua metode tersebut (Social Media dan SEO) untuk mendapatkan hasil terbaik dalam pencarian dan juga memaksimalkan promosi di Social Media.


Apa Alasan Social Media Lebih Penting daripada SEO?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa social media lebih diutamakan dari pada SEO.


1. Jangkauan Lebih Cepat, Hasil Lebih Cepat

Jika kita menggunakan SEO, perusahaan-perusahaan besar dengan budget "menggunung" pun membutuhkan waktu untuk mendapatkan posisi teratas dari hasil pencarian oleh mesin pencari karena proses peningkatan reputasi website memang seperti itu.

Beda halnya jika kita menggunakan Social Media, perusahaan Anda bisa menjadi terkenal seketika, tentunya dengan dukungan Posting yang menarik dan Tweet yang mengundang banyak Share dari satu profil ke profil yang lainnya, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk dapat menciptakan Trending Topic di Social Media sehingga membuat informasi yang Anda bagikan memiliki banyak Audience bahkan pembeli yang Kompeten.


2. Lebih Mengikat (User Engagement)

Jika Anda mampu membaur bersama Followers dan Likers Anda sehingga meningkatkan fanatisme terhadap brand yang Anda pegang, hal ini akan membuat promosi Anda lebih mudah dilakukan sehingga menghasilkan penjualan pada produk dan jasa yang Anda tawarkan.

Misalnya selama ini, para konsumen kesulitan untuk melakukan komplain ketika menerima barang yang tidak sesuai dengan brosur atau bahkan menerima barang yang rusak, konsumen mencoba menghubungi Call Center yang harus mengantri tanpa tahu kapan bisa tersambung dengan operator. Tapi jika Anda menggunakan Twitter, user dapat secara langsung melakukan Tweet kepada Anda untuk mengkonfirmasi kendala yang dirasakan. Atau bahkan jika Tweet dari pelanggan Anda itu merupakan sebuah pertanyaan, bukan tidak mungkin Anda tidak perlu menjawab secara langsung, karena pelanggan Anda yang lain dan telah fanatik mewakili Anda untuk menjawab pertanyaan tersebut (Anda hanya perlu memberikan ketegasan jawaban secara official).

Memberikan respon yang cepat dan memberikan solusi, reputasi Anda akan semakin meningkat dan memungkinkan lebih banyak pengguna yang merekomendasikan Anda karena telah memberikan pelayanan yang memuaskan.


3. Tidak Membutuhkan Keahlian Khusus

Hal yang paling penting mengutamakan Social Media adalah, Anda tidak membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan Social Media ini. Beda halnya SEO, Anda harus berani merekrut seorang SEO Expert dengan harga yang tidak murah atau Anda mempelajarinya dan meninggalkan area persaingan karena SEO membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan hasil yang Optimal.

Menggunakan Social Media adalah saatnya berimprovisasi dalam menyampaikan informasi, tidak ada batasan formal, bahkan kebanyakan informasi yang "laku" adalah informasi yang menggelitik tetapi memiliki sejuta arti sehingga mengundang ketertarikan para Followers.


Setelah mengetahui beberapa alasan diatas, jawaban seperti apakah yang Anda miliki?

Semua tergantung pada keahlian ataupun budget promosi Anda yang dapat menentukan apakah Anda harus fokus terhadap penggunaan SEO atau Social Media. Jika Anda menjalankan bisnis kecil dengan target Audiences yang terbatas, penggunaan Social Media akan lebih tepat agar Anda dapat menggunakan budget perusahaan secara Optimal dan jangan memaksakan untuk melakukan SEO apalagi teknik yang berbahaya.


Baca Juga : Salah Satu SEO yang Membahayakan Website

Untuk Perusahaan atau Bisnis yang memiliki skala besar tentunya dengan budget yang tidak sedikit, jika ingin mendapatkan hasil yang terbaik sebaiknya Anda menggabungkan SEO dan Social Media Marketing karena Anda akan merasakan hasil yang berbeda. Kedua teknik dan komponen tersebut saling berhubungan, dengan SEO yang bagus akan dapat meningkatkan Engagement di Social Media Anda dan juga sebaliknya, jika Anda menggunakan Social Media Secara Optimal maka website Anda akan memiliki Reputasi yang baik pula.

Jadi, semua keputusan ada ditangan Anda. Apa menurut Anda yang lebih penting, apakah Social Media atau SEO? Mari berbagi.

Terima kasih.